Lindungi Wajah, Kulit dan Rambut Sebelum Masuk Kolam Renang



Agar kebersihan air kolam renang layak dipakai untuk berendam dan berenang maka semaksimal mungkin harus tetap dijaga. Caranya dengan memberikan Klorin, yaitu zat kimia yang dipakai sebagai pembunuh kuman dan bakteri. Selanjutnya untuk memastikan rasio antara air dengan klorin tidak berlebihan maka kadar klorin dalam kolam renang tersebut dicek setiap hari.

Kemudian setiap beberapa hari sekali, kolam renang dikuras untuk diganti dengan air yang baru dan kembali diberi klorin. Dengan demikian kebersihan air dalam kolam renang akan tetap terpelihara untuk digunakan oleh para pengunjung.

Meski pun klorin bermanfaat untuk membunuh kuman dan bekteri, tetapi klorin bisa menyebabkan rambut menjadi kusam dan  kulit menjadi kering, termasuk kulit pada wajah, sehingga bagi para wanita hal ini tentu akan sangat mempengaruhi penampilan. Bahkan pada kulit yang sensitif, paparan klorin juga akan menyebabkan gatal-gatal.

Karena itu untuk menghindari dampak tersebut perlu dilakukan beberapa langkah pencegahan. Ahli kulit Zoe D. Draelos, MD, FAAD dari American Academy of Dermatology menyarankan, “Lindungi rambut dari efek buruk klorin dengan membasahi rambut dan mengoleskan kondisioner sebelum berenang.” ujarnya. Untuk melapisi dan melindungi rambut disarankan menggunakan leave-on conditioner.

Gunakan pelembab ke seluruh permukaan tubuh.

Gunakan pelembab khusus untuk wajah. Diamkan beberapa saat kemudian lapisi dengan Sunscreen yang juga khusus untuk wajah dan tunggu sekitar 10 menit agar benar-benar meresap dan kering.
Tujuannya agar setelah selesai berenang kulit wajah tidak merasakan perih, menjadi kusam bahkan gosong karena paparan sinar ultra violet yang umumnya tak dirasakan saat berada dalam kolam renang.

Jangan langsung mencebur ke dalam kolam renang. Basahi dulu seluruh tubuh, termasuk rambut dengan air dari pancuran pembilas yang tidak mengandung klorin. Alasannya, kulit dan rambut bereaksi menyerap air. Dengan lebih dulu dibasahi menggunakan air bersih, maka disaat berenang kulit dan rambut tidak akan menyerap air yang mengandung klorin. 

Setelah semua langkah dilakukan, silahkan mulai berenang. Anda akan dapat menikmati segarnya air dibawah terik matahari khatulistiwa dengan aman.


Peta Lokasi


Hubungi kami via E-mail

Nama

Email *

Pesan *